Kamis, 13 Oktober 2016

Strategi Marketting Usaha Dengan Sistem SWOT



·         Analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi sesuatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal dan faktor eksternal yaitu Strenght, Weakness, Opportunity, dan Threats. Metode ini paling sering digunakan dalam metode evaluasi bisnis untuk mencari strategi yang akan dilakukan. Analisis SWOT hanya menggambarkan situasi yang terjadi, bukan sebagai suatu pemecahan masalah.

1.Strenght(Kekuatan)
Strenght merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau bisnis itu sendiri.
Yang menjadi kekuatan usaha Toko Tas Kriik collection ini adalah:
• Pengorganisasian pada toko ini sudah tersusun dengan rapi.
• Lokasi usaha yang terletak di kawasan/daerah yang padat penduduknya, yakni daerah pasar tradisional.
Bahan yang digunakan menggunakan bahan katun yang berkualitas tinggi.

2.Weakness(kelemahan)
Weakness adalah kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
Yang menjadi kelemahan usaha Toko Tas Kriik Collection ini adalah:
Terbatasnya modal yang dimiliki sehingga membuat keterbatasan dalam produksi.
Membutuhkan proses produksi yang cukup lama untuk hasil  printing yang dicustom

 3.Opportunity (Kesempatan)
Opportunity merupakan kondisi peluang yang berkembang dimasa datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau bisnis itu sendiri. Misalnya: kompetitor, kebijakan pemerintah, kondisi lingkungan sekitar.
Yang menjadi peluang bagi Toko
Tas Kriik Collection ini adalah:
Lokasi yang strategis yang berada dipinggir jalan,dan hanya ada 1 toko yang menjual tas di wilayah ini.
• Dengan daya inovatif dan kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar.

4.Threats (Ancaman)
Threats merupakan kondisi yang megancam dari luar. Ancaman ini dapat menggangu organisasi, proyek atau bisnis itu sendiri.
Yang menjadi ancaman bagi Toko
Tas Kriik Collection ini adalah:
Desain tas yang kadang mudah ditiru oleh toko lain
Banyak pesaing yang memproduksi jenis tas yang serupa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar