Usaha kecil menengah
menjadi peran yang sangat penting bagi penggerak perekonomian daerah dan negara
dan tidak terkecuali di Indonesia.
Dengan adanya UKM,maka akan membantu sumber daya manusia yang nanti
akhirnya akan mengurangi penggangguran di Indonesia. Semakin banyka UKM akan
semakin kecil pula tingkat pengganggurannya,oleh sebab itu seharusnya
pemerintah mendukung penuh para UKM agar terus berkembang .
Salah satu
strategi untuk mendorong kinerja dan peran UKM dalam pasar bebas serta mengatasi
kesenjangan yang terjadi, adalah dengan menumbuhkan usaha menengah yang kuat
dalam membangun struktur industri. Strategi pengembangan usaha menengah ini
praktis banyak dilupakan sejalan dengan kurang diperhatikannya entitas dan
posisi usaha menengah dalam pertumbuhan ekonomi maupun dalam kebijakan
pengembangan UKM.
Sekalipun peran usaha menengah lebih
rendah dibandingkan dengan usaha kecil. Namun dengan memperhatikan posisi
strategis dan keunggulan yang dimilikinya, Usaha menengah layak untuk didorong
sebagai motor pengembangan UKM dalam persaingan bebas. Hal ini karena potensi
teknologi dan sumberdaya manusianya jauh lebih tinggi dari pada usaha kecil.
Dalam era
perdagangan bebas, dimana siklus produk relatif pendek dan sangat ditentukan
oleh selera konsumen, mengharuskan setiap pelaku bisnis memiliki akses yang
cukup terhadap pasar dan kemampuan inovasi produk, guna meningkatkan daya
saingnya. Justru hal inilah yang merupakan titik lemah yang dimiliki oleh UKM
pada umumnya. Disisi lain UKM memegang peran penting dalarn perekonomian
Indonesia baik ditinjau dari segi jumlah usaha maupun dalam penciptaan lapangan
kerja. Dalam hal ekspor, UKM memiliki potensi untuk meningkatkan penerimaan
ekspor. Hanya saja potensi ini belum dimanfaatkan dengan optimal. Hanya UKM
yang bergerak di sektor industri tertentu saja yang sudah melakukan ekspor.
Dalam menghadapi
persaingan di Zaman Era Globalisasi yang sedang bergulir tahun 2014, UKM
Republik Indonesia dituntut untuk melakukan restrukturisasi dan reorganisasi dengan
tujuan untuk memenuhi permintaan konsumen yang makin spesifik, berubah dengan
cepat, produk berkualitas tinggi, dan harga yang murah . Salah satu upaya yang
dapat dilakukan UKM adalah melalui hubungan kerjasama dengan Usaha Besar.
Kesadaran akan kerjasama ini telah melahirkan konsep supply chain management
(SCM) pada tahun 1990-an. Supply chain pada dasarnya merupakan jaringan
perusahaan-perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan
menghantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir. Pentingnya persahabatan,
kesetiaan, dan rasa saling percaya antara industri yang satu dengan lainnya
untuk menciptakan ruang pasar tanpa pesaing, yang kemudian memunculkan konsep
blue ocean strategi..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar